• Sabtu, 2 Juli 2022

Ombudsman NTB Minta Pemerintah Sikapi Persoalan Pekerja Migran Indonesia

- Kamis, 23 Juni 2022 | 13:57 WIB
Kepala perwakilan Ombudsman RI Provinsi NTB, Adhar Hakim (kemeja putih) berkunjung ke kantor yayasan ADBMI Lombok Timur, Kamis 23 Juni 2022.  (Foto : Najamudin Annaji/adbmi.org)
Kepala perwakilan Ombudsman RI Provinsi NTB, Adhar Hakim (kemeja putih) berkunjung ke kantor yayasan ADBMI Lombok Timur, Kamis 23 Juni 2022. (Foto : Najamudin Annaji/adbmi.org)

LOMBOK TIMUR, NTBPOS.com - Ombudsman Republik Indonesia perwakilan Nusa Tenggara Barat (Ombudsman RI NTB) menyoroti banyaknya kasus yang menimpa para pekerja migran Indonesia (PMI) asal NTB.

Kepala perwakilan Ombudsman RI provinsi NTB, Adhar Hakim meminta pemerintah daerah menyikapi persoalan ini dengan serius. Tidak bisa hanya dilakukan oleh LSM ataupun Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupeten/Kota terkait.

“Persoalan PMI harus disikapi serius oleh pemerintah. Terutama pemerintah daerah. Karena sektor permasalahan terkait banyaknya kasus PMI dimulai dari hulu dan merembet ke hilir”, kata Adhar Hakim di kantor ADBMI Lombok Timur, Kamis, 23 Juni 2022.

Baca Juga: BP2MI : Praktik Percaloan Pengiriman PMI Ilegal Masih Tinggi

Adhar menilai lemahnya pengawasan dan pembinaan calon PMI dari pemerintah, terutama pemda menjadi faktor utama banyaknya kasus yang menimpa meraka.

Dari catatan Ombudsman NTB, tambah Adhar, selama ini permasalahan PMI tersebar di sektor hulu hingga hilir. Hulunya berkaitan dengan pendaftaran hingga pemberangkatan dan hilir mengenai penempatan PMI di negara tujuan.

Adhar mendukung pembentukan Layanan Terpadu Satu Pintu (LTSP) untuk menunjang pengurusan CPMI, Dia menilai langkah tersebut sangat efektif untuk mengurangi permasalahan di hulu terutama terkait administrasi.

Baca Juga: Kapal Pengangkut PMI Ilegal Karam di Perairan Batam, 5 Orang Penumpang Asal Lombok Timur

“Satu contoh, KTP. Kita kerap kali menemukan KTP dari CPMI yang tidak sesuai dengan daerah asal. Ini sudah menjadi permasalahan,” cetus Adhar.

Sementara itu, ketua yayasan Advokasi Buruh Migran Indonesia (ADBMI) Lombok Timur, Roma Hidayat memiliki pandangan yang sama terkait banyaknya permasalahan disektor pekerja migran.

Halaman:

Editor: Najamudin Annaji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PLN Pulihkan Gangguan Listrik Akibat Gempa Malang

Sabtu, 10 April 2021 | 19:19 WIB

Ketua Pembina SPRI : KPU Loteng Merenggut Kebebasan Pers

Selasa, 10 November 2020 | 09:30 WIB
X