• Sabtu, 2 Juli 2022

Jaga Tradisi, Wali Murid Bawa Dulang Saat Pelepasan Siswa dan Kenaikan Kelas di SDN 1 Madayin

- Jumat, 24 Juni 2022 | 09:22 WIB
Terlihat ratusan wali murid membawa dulang untuk dihidangkan dalam acara pelepasan dan kenaikan kelas di SDN 1 Madayin, Desa Madayin, Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur, NTB./www.ntbpos.com (Unrara Angan)
Terlihat ratusan wali murid membawa dulang untuk dihidangkan dalam acara pelepasan dan kenaikan kelas di SDN 1 Madayin, Desa Madayin, Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur, NTB./www.ntbpos.com (Unrara Angan)

LOMBOK TIMUR, NTBPOS.com - Ratusan dulang dibawa secara beriringan oleh wali murid kelas VI (enam) untuk menyemarakkan acara pelepasan dan kenaikan kelas di Sekolah Dasar Negeri 1 Madayin, Desa Madayin, Kecamatan Sambelia, Kamis, 23 Juni 2022.

Ratusan dulang yang dibawa ke sekolah itu untuk di makan bersama-sama. Hal itu merupakan tradisi budaya yang dilakukan setiap tahunnya, sebagai rasa syukur orang tua murid melihat anaknya lulus dan naik kelas. Selain itu untuk mempererat silaturahmi antara guru dan wali murid.

Tradisi budaya seperti ini menjadikan sekolah di timur Kota Selong ini berbeda dengan sekolah lainnya. Mungkin juga belum pernah dilakukan sekolah lain dalam acara seperti ini.

Baca Juga: Janji Pemerintah Belum Terbayar, Siswa SDN 6 Pohgading Belajar di Teras Sekolah

Seperti dikatakan salah satu wali murid SDN 1 Madayin, Zaenudin, tradisi membawa dulang dalam rangka pelepasan maupun naik kelas memang dilakukan sejak dulu.

“Alhamdulilah sampai saat ini partisipasi wali murid tidak pernah kurang untuk menjaga tradisi ini,“ katanya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, tradisi budaya bawa dulang ini sebagai bentuk kesadaran masyarakat pentingnya akan pendidikan.

Baca Juga: Kadis Dikbud Lotim : Sekolah Yang Terbakar di Sembalun Akan Dibangun Kembali

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN 1 Madayin, H. Salamudin mengatakan, tradisi budaya bawa dulang oleh orang tua murid ini berkesinambungan dengan himbauan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lombok Timur.

Halaman:

Editor: Suandi Yusuf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dinas Dikbud NTB Evaluasi Kinerja Kepala Sekolah

Selasa, 20 Oktober 2020 | 23:54 WIB

Ini Kreasi Siswi SMKN 1 Sakra Ditengah Pandemi

Rabu, 9 September 2020 | 23:23 WIB
X