• Sabtu, 2 Juli 2022

Dispar Lotim Dukung Bumdes ' Mele Maju ' Tetebatu Menuju Ekoturisme

- Sabtu, 11 Juni 2022 | 21:04 WIB
IMG_20220612_210020
IMG_20220612_210020

Iswan Rachmadi (pegang mic) Kepala Dinas Pariwisata Lotim, Agung parikesit (baju batik) Direktur Best Komporation Regional Bali Indonesia Timur./Foto : Unra/www.ntbpos.com

LOMBOK TIMUR, NTBPOS.com - Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Timur (Dispar Lotim) mendukung, Bumdes "Mele Maju", Desa Tetebatu, Kecamatan Sikur, melibatkan masyarakat menuju Ekoturisme sebagai pilot projeck bekerjasama dengan PT Best Komporation Regional Bali Indonesia Timur, Jumat, 10 Juni 2022.

Menuju Ekoturisme melalui empat sektor yakni Peternakan, Pertanian, Perikanan dan Perkebunan (4P). Dengan harapan masyarakat memanfaatkan sektor 4P sebagai obyek wisata berwawasan lingkungan sekaligus sebagai pelaku wisata.

Ekoturisme membutuhkan kesadaran masyarakat dalam bercocok tanam menggunakan pupuk organik. Dengan biaya rendah hasil panen lebih tinggi.

“Tamu mancanegara itu datang ke Indonesia khususnya Lotim, NTB melihat keaslian alam. Sudah bosan mereka melihat hotel mewah,“ kata Agung Parikesit, Direktur Best Komporation Regional Bali Indonesia Timur.

Desa tetebatu dengan kealamiannya sudah dikenal dunia. Jika tidak dimanfaatkan mulai dari jenis tanam, pupuk dan memanfaatkan keasrian lahan pertanian, maka akan sangat merugi.

Menurutnya, harus dipertahankan, bagaimana tetebatu 25 tahun kedepan wisatanya tetap baru. Ia pun mencontohkan, pariwisata Daerah Bali, masyarakatnya terlena dengan omzet bermiliaran yang di dapat. Mereka lupa bahwa ada sesuatu yang menyebabkan pariwisata itu jenuh.

Semua lahan pertanian dijadikan hotel berbintang. Sampai pemerintah Daerah Bali membuat kebijakan agar masyarakat tidak menjual lahannya.

Dampat paling dirasakan, pada saat gunung agung meletus, tamu mancanegara sepi, pendapatan pelaku wisata tidak ada. “Mau beralih ke pertanian, lahan sudah dijual. Saya orang Bali, jangan sampai seperti itu,“ terangnya.

Halaman:

Editor: Suandi Yusuf

Tags

Terkini

Bupati Lombok Barat Launching Tagar #KeSekotongAja

Jumat, 6 November 2020 | 17:23 WIB

Wabup Lobar Buka Pelatihan Pemandu Diving di Sekotong

Senin, 2 November 2020 | 20:23 WIB

Menyelami Keindahan Bawah Laut Sekotong

Minggu, 1 November 2020 | 06:04 WIB
X