• Sabtu, 2 Juli 2022

Kelompok Tani Sembalun Menanam Ribuan Bibit Kopi Untuk Majukan Ekonomi Masyarakat

- Selasa, 21 Juni 2022 | 23:54 WIB
Proses pembibitan pohon kopi di Sembalun yang dilakukan oleh kelompok tani binaan Yogik./www.ntbpos.com/ (Hirpan Maulana)
Proses pembibitan pohon kopi di Sembalun yang dilakukan oleh kelompok tani binaan Yogik./www.ntbpos.com/ (Hirpan Maulana)

LOMBOK TIMUR, NTBPOS.com - Ribuan bibit kopi sudah ditanan oleh beberapa pemuda asal Sembalun, mereka berharap bisa meningkatkan perekomoni masyarakat Desa Sembalun.

Seorang pemuda asal sembalun, Yogik mengatakan, dirinya memiliki inisiatif mengajak teman-temannya menanam pohon kopi karena ia berfikir ingin mengubah perekonomian anak muda yang ada di Desanya

“Awal menanam kopi ini, saya kasian dengan teman-teman yang setiap hari jadi buruh tani, dengan upah kurang dari 100 ribu sehari,” Kata yogik saat ditemui di salah satu cafe kopi di Sembalun Sajang, Senin, 20 Juni 2022.

Baca Juga: Pemda Lotim Diminta Melek Melihat Kondisi Wisata Sembalun

Karena dengan menanam kopi, tambahnya, bisa mendapatkan hasil yang cukup lumayan dibanding dengan menjadi buruh, karena disana mereka bukan hanya menanam, tapi mereka belajar untuk memproduksi kopi tersebut.

“Setelah di panen, kami olah, racik dan langsung kami pasarkan hasilnya dan pasarnya cukup menjanjikan,” tambahnya.

Yogik yang saat ini menjabat sebagai ketua produksi kopi di kelompok tani yang dibentuknya, mengaku sudah menanam pohon kopi seluas 15 hektare.

Baca Juga: Keamanan Pangan Penting Dalam Pengembangan Agro Wisata Sembalun

“Tahun kemarin kami menanam tiga ribu pohon dan sekitar delapan bulan lalu, kami juga sudah menanam lebih dari dua ribu pohon,” tutupnya. np

Halaman:

Editor: Suandi Yusuf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BNPB Kawal Penghijauan Mandalika

Jumat, 13 November 2020 | 16:26 WIB
X