• Sabtu, 2 Juli 2022

Cegah Kerusakan Ekosistem Laut, Sungai Labuan Haji Menjadi Pilot Projek Trash Trap

- Sabtu, 18 Juni 2022 | 01:30 WIB
dr. Hasbi Santoso, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Lombok Timur (kiri) dan Trash Trap yang dipasang di Sungai Labuhan Haji. / Foto : Unra/www.ntbpos.com
dr. Hasbi Santoso, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Lombok Timur (kiri) dan Trash Trap yang dipasang di Sungai Labuhan Haji. / Foto : Unra/www.ntbpos.com

LOMBOK TIMUR, NTBPOS.com -
Sungai Labuan Haji di Desa Labuan Haji, Kecamatan Labuan Haji dijadikan pilot projek Trash Trap (perangkap sampah) untuk mencegah terjadinya kerusakan ekosistem laut.

Selama ini, sampah yang membanjiri pantai Labuhan Haji sudah menjadi perhatian publik, sehingga menjadi alasan dijadikan pilot projek. Hal itu dikatakan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Lombok Timur, dr. H. Hasbi santoso.

Selanjutnya Ia mengungkapkan, Trash Trap  merupakan bantuan CSR Pertamina yang didapat oleh organisasi pemantau lingkungan di daerah pantai dan perikanan.

“Empat hari setelah pemasangan, Trash Trap ini mampu menjaring begitu banyak sampah. Mulai dari sampah organik dan non organik,“ tuturnya saat ditemui ntbpos.com di ruangannya, Jum'at, 17 Juni 2022.

Baca Juga: Sandiaga Uno Kunjungi Labuhan Haji, Warga Diminta Tidak Euforia

Akan tetapi, Trash Trap yang dibuat pemerhati lingkungan itu memiliki keterbatasan kapasitas. Maka dari itu membutuhkan kerja sama masyarakat setempat untuk melakukan pengangkatan atau pembersihan sampah yang sudah terperangkap.

Sedangkan DLH memberikan dukungan berupa fasilitas alat transportasi yang akan digunakan mengangkut sampah ke tempat pembuangan akhir di Ijo Balit.

“Kita lihat prosesnya nanti. Sambil berjalan, kebutuhan lainnya seperti pos pemantauan dan lain-lain, nanti kita bantu,“ ujarnya.

Lebih lanjut, berhubung Lotim menjadi daerah pertama melakukan uji coba Trash Trap di NTB, menurutnya perlu dilakukan acara seremonial peresmian oleh Pemerintah Daerah.

Halaman:

Editor: Suandi Yusuf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BNPB Kawal Penghijauan Mandalika

Jumat, 13 November 2020 | 16:26 WIB
X