• Sabtu, 2 Juli 2022

Lalu Lintas Ternak Peliharaan Berpotensi Membawa Virus Rabies

- Selasa, 21 Juni 2022 | 12:04 WIB
Anjing liar yang mati di Lombok Timur, dijadikan sampel untuk dilakukan uji laboratorium, guna memastikan adanya virus rabies./www.ntbpos.com/ (Unrara Angan)
Anjing liar yang mati di Lombok Timur, dijadikan sampel untuk dilakukan uji laboratorium, guna memastikan adanya virus rabies./www.ntbpos.com/ (Unrara Angan)

LOMBOK TIMUR, NTBPOS.com -
Lalu lintas ternak peliharaan yang dibawa bepergian antar provinsi berpotensi membawa virus rabies. Dengan demikian penting dijaga ketat diperbatasan untuk mencegah potensi Kejadian Luar Biasa (KLB).

Virus rabies merupakan virus mematikan menyebar ke manusia dari gigitan hewan kemudian tertular melalui air liurnya.

Tidak menutup kemungkinan, orang yang terinfeksi virus mematikan ini juga dapat menularkan kembali ke sesama manusia. Cara menularnya yakni melalui air liur orang terinfeksi mengenai luka terbuka.

Baca Juga: Memasuki Pertengahan Tahun 2022, Enam Orang dari 3 Desa di Lombok Timur Terindikasi Rabies

Dengan demikin, lalu lintas hewan peliharaan seperti, anjing, kucing dan kera ke Lombok atau melewati Nusa Tenggara Barat saat ini tidak diperkenankan, untuk memutus mata rantai virus rabies pada hewan.

“Pemerintah Provinsi sudah tidak mengizinkan adanya lalu lalang hewan peliharaan antar pulau,“ kata, drh. hultatang, Kabid Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner, Dinas Kesehatan Hewan dan Peternakan, Lombok Timur, Selasa, 21 Juni 2022.

Kebijakan itu dikeluarkan, lanjut Tatang sapaan akrabnya, setelah ditemukannya virus mematikan ini di Dompu, Kecamatan Manggalewa, Nusa Tenggara Barat.

“Masyarakat disana dominan memelihara anjing liar untuk menjaga kebunnya dari serangan Babi. Bahkan pemilik lahan berani membeli dari luar pulau Sumbawa,“ terangnya.

Baca Juga: Cegah Serangan Anjing Liar, Pemkab Bima Bentuk Tim Penanggulangan Rabies

Halaman:

Editor: Suandi Yusuf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Peran Besar Perempuan di Balik Pandemi Covid-19

Kamis, 29 April 2021 | 00:56 WIB

Obat Yang Tidak Membatalkan Puasa

Rabu, 28 April 2021 | 04:58 WIB

1,7 Juta Vaksin Covid, Siap Diedarkan Januari 2021

Selasa, 15 Desember 2020 | 18:02 WIB

BIZAM Raih Penghargaan Bandara Sehat 2020 dari Menkes RI

Selasa, 17 November 2020 | 19:27 WIB
X