• Sabtu, 2 Juli 2022

Memasuki Pertengahan Tahun 2022, Enam Orang dari 3 Desa di Lombok Timur Terindikasi Rabies

- Senin, 20 Juni 2022 | 10:27 WIB
Budiman Satriadi, Kepala Bidang Pencegahan Penyakit dan Kesehatan Lingkungan, Dinas Kesehatan Lotim. / Foto : Unra/www.ntbpos.com (Unrara Angan)
Budiman Satriadi, Kepala Bidang Pencegahan Penyakit dan Kesehatan Lingkungan, Dinas Kesehatan Lotim. / Foto : Unra/www.ntbpos.com (Unrara Angan)

LOMBOK TIMUR, NTBPOS.com - Rabies merupakan penyakit yang ditimbulkan akibat virus yang ditularkan kepada manusia melalui air liur hewan yang terinfeksi virus rabies.

Pada umumnya, penyebaran melalui gigitan saliva (anjing, kucing, kera). Kemudian virus rabies menyerang susunan saraf pusat pada manusia dan hewan berdarah panas.

Memasuki pertengahan tahun 2022, sebanyak 6 orang di Kabupaten Lombok Timur (Lotim) terindikasi rabies akibat dari air liur bekas gigitan anjing liar.

“Enam orang tersebut berasal dari Desa Surabaya Lepak, Sakra dan Sikur,“ kata Budiman Satriadi, Kepala Bidang Pencegahan Penyakit dan Kesehatan Lingkungan, Dinas Kesehatan Lotim, Senin, 20 Juni 2022.

Baca Juga: Antisipasi Penyebaran Virus Rabies, Dikes Lotim Ajak Stakeholder Berkolaborasi

Diungkapkannya bahwa, kejadian itu dilaporkan pada 3 bulan terakhir. Dari hasil pemeriksaan enam orang ini masih terindikasi, tidak terbukti positif terinfeksi virus rabies.

Untuk mengantisipasi warga terjangkitnya virus, mereka di berikan vaksin rabies. “Alhamdulillah sudah sembuh sekarang,“ katanya.

Untuk mengantisipasi terjadinya kasus serupa. Pemerintah Daerah melalui Dikes, mengambil sikap melalui rapat koordinasi dengan stakeholder lintas sektor tingkat kabupaten pada minggu yang lalu.

“Kita lakukan pencegahan dini sebelum terjadi kasus luar biasa,“ imbuhnya. np

Halaman:

Editor: Suandi Yusuf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Peran Besar Perempuan di Balik Pandemi Covid-19

Kamis, 29 April 2021 | 00:56 WIB

Obat Yang Tidak Membatalkan Puasa

Rabu, 28 April 2021 | 04:58 WIB

1,7 Juta Vaksin Covid, Siap Diedarkan Januari 2021

Selasa, 15 Desember 2020 | 18:02 WIB

BIZAM Raih Penghargaan Bandara Sehat 2020 dari Menkes RI

Selasa, 17 November 2020 | 19:27 WIB
X