• Senin, 4 Juli 2022

Antisipasi Penyebaran Virus Rabies, Dikes Lotim Ajak Stakeholder Berkolaborasi

- Jumat, 17 Juni 2022 | 13:43 WIB
Budiman Satriadi, Kepala Bidang Pencegahan Penyakit dan Kesehatan Lingkungan, Dinas kesehatan Lombok Timur./ Foto : Unra/www.ntbpos.com
Budiman Satriadi, Kepala Bidang Pencegahan Penyakit dan Kesehatan Lingkungan, Dinas kesehatan Lombok Timur./ Foto : Unra/www.ntbpos.com

LOMBOK TIMUR, NTBPOS.com -
Untuk mengantisipasi Rabies (penyakit anjing gila) pada manusia, Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur (Dikes Lotim) mengajak stakeholder lintas sektor untuk berkolaborasi mencegah potensi Kejadian Luar Biasa (KLB).

Bidang Pencegahan Penyakit dan Kesehatan Lingkungan, Dikes Lotim, Budiman Satriadi mengatakan, dua minggu yang lalu sudah dilaksanakan rapat koordinasi dengan stakeholder lintas sektor tingkat kabupaten di gedung PMI Lotim.

Hadir pada kesempatan itu, dari Dinas Pemadam Kebakaran, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kementrian Agama dan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan.

“Pembahasan waktu itu untuk mewaspadai penyakit potensial KLB, wabah tingkat kabupaten yaitu virus rabies,“ kata Budiman Satriadi, saat di temui di ruangannya, Kamis, 16 Juni 2022.

Baca Juga: Rencana Aksi P4GN, BNK Lakukan Test Urine di Dinas Kesehatan Lotim

Dengan demikian, lanjut Budiman, di rencana pemeriksaan atau mengambil sampel pada hewan liar atau peliharaan guna mengidentifikasi virus rabies. Jika hasil identifikasi positif terdapat virus rabies akan diberikan vaksin guna pencegahan.

Perlu diketahui, Rabies merupakan penyakit akibat virus yang ditularkan kepada manusia melalui air liur hewan yang terinfeksi virus rabies.

Pada umumnya penyebaran melalui gigitan saliva (anjing, kucing, kera). Kemudian virus rabies menyerang susunan saraf pusat pada manusia dan hewan berdarah panas. 

Baca Juga: Soal Jampersal, Aktivis Sosial Sesalkan Keputusan Dinas Kesehatan Lombok Barat

Halaman:

Editor: Suandi Yusuf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Peran Besar Perempuan di Balik Pandemi Covid-19

Kamis, 29 April 2021 | 00:56 WIB

Obat Yang Tidak Membatalkan Puasa

Rabu, 28 April 2021 | 04:58 WIB

1,7 Juta Vaksin Covid, Siap Diedarkan Januari 2021

Selasa, 15 Desember 2020 | 18:02 WIB
X