• Sabtu, 2 Juli 2022

BPOM Mataram Berikan Bimtek Kepada Pelaku Usaha Pangan di Sembalun

- Selasa, 14 Juni 2022 | 23:27 WIB
Peserta Bimbingan Teknis (Bimtek) Dari Komunitas Desa dan Usaha Pangan di Kecamatan Sembalun.
Peserta Bimbingan Teknis (Bimtek) Dari Komunitas Desa dan Usaha Pangan di Kecamatan Sembalun.

LOMBOK TIMUR, NTBPOS.com - Sebagai upaya menuntaskan kemiskinan, Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Mataram bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur (Dikes Lotim) memberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada 76 orang dari komunitas desa dan usaha pangan di Kecamatan Sembalun.

Koordinator substansi Informasi dan Komunikasi (Infokom) BPOM Mataram, I Nyoman Sumasade mengatakan, Program ini merupakan program prioritas Nasional, lintas sektor antara Kementrian BPOM dan Kementrian Desa. Kemudian di Daerah dilakukan kerjasama dengan Kabupaten Pemerintah Kota.

Dimana sebelumnya pernah dilakukan Bimtek oleh BPOM pada Pemerintah Daerah (Pemda) dan Organisasi Pemerintah Daerah (OPD). Selanjutnya, Pemerintah melakukan intervensi dua Desa di Kecamatan Sembalun yakni Desa Sajang dan Desa Sembalun Bumbung. 

Baca Juga: Berikan Apresiasi, Bupati Lotim Tambah Rp 50 Juta Untuk Hadiah Pemuda Pelopor

“76 orang peserta yang hadir saat ini dari komunitas dua Desa, diantaranya rumah tangga, sekolah, pelaku usaha ritel,“ kata I Nyoman, kepada ntbpos.com usai menyampaikan materi kepada peserta, Selasa, 14 Juni 2022.

Selanjutnya, ia mengatakan, dalam Bimtek ini, peserta diberikan informasi keamanan pangan agar nantinya dapat melakukan pengawasan terkait keamanan pangan. Selain itu, peserta juga dibekali cara menghasilkan produk yang bermutu, aman serta memiliki izin edar dari Dikes Lotim.

“Masyarakat juga nantinya bisa menikmati dan melaksanakan praktik-praktik keamanan pangan,“ ujarnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, sasaran lain program ini yakni untuk menuntaskan kemiskinan melalui pembinaan pelaku usaha. Usai pembinaan ini mereka diharapkan mampu menghasilkan produk yang bermutu, aman serta memiliki izin edar.

Baca Juga: Pelaku UMKM Mengalami Peningkatan Pendapatan Mencapai Rp 1,2 Miliar

Halaman:

Editor: Suandi Yusuf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Capaian Investasi di Lombok Timur Masih Tinggi

Rabu, 28 April 2021 | 23:44 WIB

Kampung Wisata Bagi Warga Relokasi KEK Mandalika

Jumat, 30 Oktober 2020 | 22:50 WIB

JKK Dikerjakan, Huntara Disiapkan

Jumat, 30 Oktober 2020 | 06:10 WIB

Mengkawal UMKM NTB Melalui Sertifikat Halal

Jumat, 7 Agustus 2020 | 00:42 WIB
X