• Sabtu, 2 Juli 2022

Menkes RI : Sistem Kesehatan Global Bagaikan Istana Air Taman Sari Yogyakarta

- Selasa, 21 Juni 2022 | 22:23 WIB
Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kesehatan Republik Indonesia./www.ntbpos.com/ (kemkes.go.id)
Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kesehatan Republik Indonesia./www.ntbpos.com/ (kemkes.go.id)

YOGYAKARTA, NTBPOS.com - Diskusi penguatan arsitektur kesehatan global, Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, manifestasi sistem kesehatan global bak istana air Taman Sari Yogyakarta.

Hal itu disampaikannya saat membuka pertemuan dengan para menteri kesehatan negara-negara anggota pertama G20 di Yogyakarta pada Senin, 20 Juni 2022.

Dikutip dari situs resmi Menteri Kesehatan, kemkes.go.id, Budi Gunadi terinspirasi di sekitar istana tempat para menteri kesehatan anggota G20 bertemu, ada Istana Air Taman Sari di bekas taman kerajaan yang sudah ada pada abad ke-18. abad.

Baca Juga: Lepas CJH ASN dari Lingkup Provinsi, Sekda NTB: Ingatkan CJH Jaga Kesehatan

Awalnya dibangun untuk sultan untuk bekerja, bermeditasi dan beristirahat. Taman Sari juga berfungsi sebagai benteng bagi keluarga pemerintah untuk bersembunyi, mengisolasi dan membela diri selama masa krisis.

“Sejarah dan filosofi Taman Sari menginspirasi kami, para pemimpin kesehatan global untuk membangun sistem kesehatan global yang kuat di saat krisis dan waspada dalam periode normal,” kata Budi Gunadi.

Taman Sari dibangun pada waktu normal, lanjutnya, tidak hanya untuk keperluan sehari-hari tetapi juga untuk mengantisipasi krisis di masa depan.

Baca Juga: Tim Peduli NTB dan Dinkes NTB Pastikan Pengaduan Kesehatan Difasilitasi Dengan Baik

“Saat kita menantikan dunia di mana pandemi telah mereda, kita harus menggunakannya untuk membangun sistem kesehatan global yang lebih kuat, tidak hanya untuk hari ini tetapi juga untuk tantangan masa depan. Sebaiknya siapkan payung sebelum hujan,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Suandi Yusuf

Sumber: Kemkes.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemerintah Didesak Melegalkan Ganja Medis

Sabtu, 2 Juli 2022 | 11:38 WIB
X