• Sabtu, 2 Juli 2022

Tinjau Program TMMD di Desa Ekas Buana, Aster Kasad TNI AD akan Tambah 30 Rumah

- Jumat, 3 Juni 2022 | 15:56 WIB
Mayor Jenderal TNI Karmin Suharna, Asisten Teritorial (Aster) Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) TNI AD.  (Foto: Suandi Yusuf)
Mayor Jenderal TNI Karmin Suharna, Asisten Teritorial (Aster) Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) TNI AD. (Foto: Suandi Yusuf)

LOMBOK TIMUR, NTBPOS.com - Asisten Teritorial (Aster) Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) TNI AD, Mayor Jenderal TNI Karmin Suharna, melakukan peninjauan pembangunan rumah relokasi bagi nelayan Desa Ekas Buana, yang dilaksanakan melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-113 di Kecamatan Jerowaru.

Dalam kunjungannya, Karmin menegaskan, ada dua tujuan pokok pelaksanaan TMMD, diantaranya yang bersifat pembangunan infrastruktur yang memang dibutuhkan oleh masyarakat dan pembangunan non fisik yang mengutamakan kebersamaan TNI dan rakyat serta komponen lainnya.

“Makanya kalau program TMMD biasanya bukan Top Down tapi Button Up yang disesuaikan dengan keinginan masyarakat setempat,“ katanya, Jum'at, 3 Juni 2022.

Secara non fisik, lanjutnya, lebih kepada pengisian materi yang bemuatan kemanunggalan atau kebersamaan TNI dan rakyat serta stakeholder terkait seperti pemda dan kepolisian, untuk mencapai dua sasaran yang ingin dicapai dalam setiap pelaksanaan kegiatan.

Dirinya menyebut, kedatangannya tidak hanya ingin tahu Lombok Timur saja tapi sesuai dengan tugas pokoknya adalah melaksanakan pengawasan dan evaluasi tentang pelaksanaan TMMD yang ke 113.

“Saya tadi sudah mendengar paparan Dandim 1615/Lotim bahwa untuk wilayah Lombok Timur di TMMD yang ke 113 ini adalah membangun Perumahan atau merelokasi Perumahan nelayan yang ada di pesisir pantai karena kendala alam yang sering dialami,“ ungkapnya.

Dijelaskannya, masyarakat yang bermukim dipinggir laut dipindahkan ke lokasi yang lebih aman dengan catatan tidak jauh dari tempat para nelayan itu bisa mencari nafkah.

Tidak hanya itu, dirinya tidak lupa berterima kasih kepada Bupati Lotim yang diwakili oleh Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman yang sudah memberikan dukungan dana.

“Jujur saja, kalau kita kan hanya punya tenaga dan keinginan tapi kalau dana itu tanggung jawab pemerintah. Jadi kolaborasi dan sinergitas sangat dibutuhkan dalam mengimplementasikan apa yang menjadi keinginan dan kebutuhan masyarakat,“ ujarnya.

Halaman:

Editor: Suandi Yusuf

Tags

Terkini

Pemerintah Didesak Melegalkan Ganja Medis

Sabtu, 2 Juli 2022 | 11:38 WIB
X