• Sabtu, 2 Juli 2022

Peringati Harkitnas : Saat Itu Ancaman Perpecahan Antar Golongan di Tengah Perjuangan

- Jumat, 20 Mei 2022 | 14:36 WIB

Wakil Bupati Lombok Timur, H. Rumaksi Sj, saat menjadi pembina upacara peringatan Harkitnas./ Foto : Istimewa/www.ntbpos.com

LOMBOK TIMUR, NTBPOS.com - Wakil Bupati Lombok Timur, H. Rumaksi Sj menjadi pembina upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-114 yang digelar di halaman kantor Bupati, Jumat, 20 Mei 2022.

Membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, Wakil Bupati menyampaikan, peringatan Harkitnas bertepatan dengan hari lahirnya Boedi Oetomo.

Dijelaskan, di masa itu terdapat ancaman perpecahan antar golongan dan ideologi di tengah perjuangan Indonesia untuk mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa.

Semangat Boedi Oetomo kemudian mendorong lahirnya berbagai organisasi yang turut berjuang di bidang politik diplomatis.

Tema Harkitnas “Ayo Bangkit Bersama” dijelaskan merupakan bentuk seruan untuk bangkit bersama dari pandemi Covid-19“ yang sudah melanda dua tahun terakhir ini.

Kebangkitan nasional merupakan upaya kolektif bangsa memperkuat persatuan bangsa, lebih-lebih di tengah krisis pandemi Covid-19, kondisi ekonomi global serta geopolitik yang tidak stabil.

Terkait penanganan Covid-19 tingkat nasional, Menteri menilai telah menunjukkan hasil positif. Hal itu berdasarkan data per-13 Mei 2022 dimana kasus baru harian di bawah 400 kasus dan total kasus aktif di bawah 5000 kasus.

Demikian halnya dengan capaian vaksinasi Covid-19 dosis kedua juga sudah mencapai 79 persen. Meski begitu, Menteri mengimbau untuk tetap waspada dan terus meningkatkan disiplin prokes.

Sementara sehubungan dengan pemulihan ekonomi nasional, Menteri menyebut perekonomian Indonesia pada triwulan 1-2022 terhadap triwulan 1-2021 mengalami pertumbuhan sebesar 5,01 persen.

Halaman:

Editor: Suandi Yusuf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemerintah Didesak Melegalkan Ganja Medis

Sabtu, 2 Juli 2022 | 11:38 WIB
X