• Sabtu, 2 Juli 2022

PUPR Lombok Timur Gunakan Sistem SIMBG untuk Mempermudah Izin PGB

- Rabu, 27 April 2022 | 15:11 WIB

LOMBOK TIMUR, NTBPOS.com - Awal tahun 2022, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Lombok Timur, meluncurkan Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung (SIMBG) berbasis Website.

Sistem tersebut untuk mempermudah masyarakat memperoleh izin Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) sebagai ganti Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Layanan SIMBG berbasis Web sudah dapat diakses sejak diluncurkan pada Jumat, 30 Juli 2021 oleh Kementrian PUPR melalui https://simbg.pu.go.id. Pada awal tahun 2022, SIMBG diadopsi oleh PUPR Kabupaten Lombok Timur.

Hal itu diungkapkan oleh Indar Jaya Kusuma, Kepala Bidang Cipta Karya, Dinas PUPR Lotim, kepada ntbpos.com di ruangannya, Rabu, 27 April 2022.

Selanjutnya, ia menyebut, adapun layanan yang dapat diakses melalui SIMBG berbasis Web ini diantaranya Izin PBG, Sertifikat Layak Fungsi (SLF) bangunan gedung dan Surat Bukti Kepemilikan Gedung (SBKG).

“Pemohon dapat mengakses link itu untuk mendaftarkan bangunannya. Bagi pemohon yang masih bingung, kami bisa bantu melalui operator SIMBG dengan datang langsung ke PUPR,“ kata Indar

Menurutnya, diberlakukannya layanan itu untuk mempermudah masyarakat ataupun investor dalam proses perizinan, karena dapat di akses melalui rumah dengan syarat membuat akun pribadi yang tertera di sistem SIMBG.

Oleh Karena itu, Ia berharap masyarakat antusias mendaftarkan bangunannya berdasarkan pelayanan yang disediakan pada SIMBG itu.

Lebih lanjut, Dinas PUPR melalui Bidang Cipta Karya hanya memfasilitasi dan mengeluarkan surat rekomendasi berdasarkan tiga poin pelayanan pada SIMBG. Selanjutnya diteruskan ke Dinas PMPTSP untuk mengeluarkan izinnya. np

Editor: Suandi Yusuf

Tags

Terkini

Pemerintah Didesak Melegalkan Ganja Medis

Sabtu, 2 Juli 2022 | 11:38 WIB
X