• Sabtu, 2 Juli 2022

Permudah Pelayanan Perizinan, DPMPTSP Lotim Adopsi Dashboard OSS

- Senin, 25 April 2022 | 16:27 WIB
IMG_20220425_162001
IMG_20220425_162001

-
Achmad Dewanto Hadi, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Kabupaten Lombok Timur./ Foto : Unra/www.ntbpos.com

LOMBOK TIMUR, NTBPOS.com - Untuk mempermudah pelayanan perizinan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Lombok Timur (Lotim) mengadopsi dashboard Online Single Submission (OSS) sejak bulan Agustus 2021.

Dashboard OSS merupakan sistem perizinan yang terkoneksi langsung dengan Kementrian investasi. Kepala DPMPTSP, Lotim, Achmad Dewanto Hadi Menyebut, dengan adanya sistem OSS itu, banyak keuntungan yang di peroleh secara detil mengenai izin usaha yang terbit.

“Kita dapat melihat penyajian data izin perhari, perminggu, perbulan dan seterusnya tergantung kemauan kita,“ katanya, kepada media ini, Senin, 25 April 2022.

Selanjutnya ia menyebut contoh data yang dapat disajikan, diantaranya nomor izin usaha yang terbit, sebaran investasi atau projek berdasarkan risiko dapat dipecahkan lebih detil per Kecamatan serta jumlah serapan tenaga kerja berdasarkan investasi yang diterbitkan izin nomor usahanya.

Data tersaji lainnya yakni jumlah investasi dikeluarkan tahun 2022. Seperti di bulan Januari, sebanyak 313 perusahaan dengan nilai investasi Rp. 502 miliar lebih. Pada bulan Februari sebanyak 272 perusahaan dengan nilai investasi Rp 483 miliar lebih.

Perusahaan yang dikelurkan izinnya itu, imbuhnya, rata-rata pertanian, perdagangan, kelistrikan, bengkel dan banyak lagi izin yang lainnya. “Sedetil itu data investasi yang disajikan, kemudian tidak perlu lama-lama mendapatkan datanya, apa yang kita inginkan, bisa diketahui,“ jelasnya.

Ia menambahkan, jumlah investasi terbesar saat ini di Kecamatan Pringgabaya, kemudian terendah di Kecamatan Jerowaru. Sementara jumlah serapan tenaga kerja tertinggi di Kelurahan Selong kemudian terendah di Jerowaru. np

Editor: Redaksi

Tags

Terkini

Pemerintah Didesak Melegalkan Ganja Medis

Sabtu, 2 Juli 2022 | 11:38 WIB
X