• Senin, 4 Juli 2022

Tolak Tambak Udang, Warga Pohgading Timur Turun Aksi ke BPN dan DPRD

- Senin, 28 Maret 2022 | 23:18 WIB
IMG_20220329_101701
IMG_20220329_101701

-
Masyarakat Pohgading Timur, Tolak Penbangunan Tambak di Pantai Kerakat./ Foto : Istimewa/www.ntbpos.com

LOMBOK TIMUR, NTBPOS.com - Keberadaan tambak yang berada di Pohgading Timur dan proses perizinan yang dikeluarkan Badan Pertanahan Nasional (BPN) diprotes warga karena pembangunan tambak tersebut diduga penuh persoalan.

Sebagai bentuk protes, puluhan masyarakat Pohgading Timur, Kecamatan Pringgabaya mendatangi kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk melakukan aksi damai, Senin, 28 Maret 2022.

Salah seorang warga Pohgading Timur yang sekaligus koordinator aksi, Rohadi, dalam orasinya menyampaikan sejumlah permasalahan, diantaranya dugaan penyelewengan dalam proses pembangunan tambak yang berada di pantai Kerakat Pohgading Timur, Kecamatan Pringgabaya tersebut.

Selain itu, masa juga menyuarakan dugaan adanya manipulasi data dan mempertanyakan proses keluarnya sertifikat tambak dari BPN Lombok Timur.

“Kami tidak tinggal diam dengan manipulasi data, masyarakat akan mengejar tidak beresnya sertifikat yang dikeluarkan BPN,“ tegas Rohadi.

Tambak seluas 21 hektare tersebut belum mulai beroperasi dan izinnya belum keluar. Dikatakan Rohadi, ironisnya sampai saat ini Kepala Desa tidak ada keterbukaan, bahkan beredar isu di masyarakat pak Kades telah menerima DP tanah.

“Kades kami sudah menerima DP tanah yang di jual dengan mengatasnamakan masyarakat,“ ujarnya.

Sesuai dengan aspirasi masyarakat, dirinya tetap dengan tuntutannya yakni menolak pembangunan tambak udang tersebut. Tak hanya itu, pihaknya juga meminta kejelasan dari BPN terkait skat tanah dilokasi tambak.

Sementara itu, kepala seksi (Kasi) Sengketa BPN Lotim, Iwan Purniawal yang menerima aspirasi para pendemo mengaku pihaknya tidak pernah melakukan penyekatan tanah di lokasi terebut.

Halaman:

Editor: Redaksi

Tags

Terkini

Pemerintah Didesak Melegalkan Ganja Medis

Sabtu, 2 Juli 2022 | 11:38 WIB
X